Minggu, 22 Juni 2008

Jodoh

Sebuah surat undangan pernikahan tergeletak manis di atas meja kerjaku. Sekilas terbaca nama kedua mempelai yang terukir indah. Meuthia Iswandari dan Renaldi Dwi Susanto. Meuthia adalah teman baikku satu SMU tapi Renaldi? Renaldi yang mana ya? Apakah Renaldi kakak kelas kami? Seandainya benar calon suami Meuthia adalah Renaldi kakak kelas kami, hehehe...aku jadi senyum-senyum sendiri mengingat masa-masa SMU dulu.

Aku teringat suatu hari di SMU dulu, ketika aku masuk di kelas yang masih sepi, aku mendapati Meuthia sedang menangis tersedu-sedu. Meuthia menangis? Wah, satu keajaiban dunia sedang muncul di hadapanku. Ada apa ya? Setahuku Meuthia itu periang, tidak gampang menangis. Separah apa ya masalahnya? Perlahan kudekati dia, kutemani tanpa bertanya. Sebenarnya sih aku penasaran, ingin segera mengetahui masalah yang dihadapi Meuthia tapi aku tak tega. Biarlah Meuthia menenangkan dirinya dulu.

“Re!” panggil Meuthia padaku setelah dia tak lagi terisak.

“Ya, Thia? Ada apa?” tanyaku.

“Aku benci Renaldi Re.”

“Lho, kok bisa? Kenapa?” Wah, kaget juga aku mendengarnya. Setahuku Renaldi itu gebetannya Meuthia. Mereka berdua cukup akrab, banyak kegiatan keorganisasian yang mereka berdua ikuti bersama. Kok tiba-tiba Meuthia jadi benci Renaldi? Ini maksudnya benci betulan atau benar-benar cinta ya?

“Tadi aku ketemu Renaldi. Tiba-tiba dia bilang kalau kami cuma teman biasa, tidak lebih. Maksudnya apa coba? Kalau dia tidak suka aku, kenapa dia ngasih harapan? Kenapa dia selalu baik padaku, memberikan perhatian padaku hingga aku merasa diistimewakan dan setelah aku berharap padanya, aku malah ditinggalkan? Untuk apa dia menyanjungku jika akhirnya dia menjatuhkanku?”

“Sabar dulu Thia, mungkin Renaldi punya alasan tertentu yang tidak kita ketahui,” hiburku.

“Tidak bisa! Aku tidak bisa dan tidak mau bersabar untuk dia. Aku sudah terlanjur sakit hati. Aku sudah merasa ditolak sebelum aku mengungkapkan isi hatiku. Aku benci dia. Mulai sekarang Renaldi hanyalah bagian dari masa laluku. Biarlah dia kukenang sebagai salah seorang teman baikku, bukan sebagai seseorang yang pernah istimewa dalam hatiku.”

Itulah sepenggal kenangan yang hingga di kepalaku. Seandainya mereka berdua memang menikah, ajaib bukan?

“Hallo, selamat sore. Bisa bicara dengan Meuthia?”kataku di ujung telepon.

“Ya, saya sendiri. Dengan siapa saya bicara?”

“Hai Thia, ini Rere. Selamat ya atas pernikahannya. By the way boleh tanya nggak? Renaldi calon suamimu itu kakak kelas kita di SMU bukan ya?”

“Iya Re, calon suamiku Renaldi kakak kelas kita di SMU dulu.”

“Hah? Kok bisa? Gimana ceritanya? Kapan kalian bertemu lagi setelah kita lulus SMU? Kapan mulai pacarannya?”

“Ya ampun Re, banyak banget pertanyaannya. Aku bertemu Renaldi tahun lalu di acara Temu Alumni SMU kita, waktu itu kamu tidak datang. Lalu, suatu hari dia datang ke rumahku dan melamar aku. Jadi, kami tidak pacaran dulu. Pacarannya nanti setelah menikah. Begitu ceritanya Re.”

Hah? Sesederhana itu ceritanya? Perasaanku terasa bercampur aduk, bahagia, geli, takjub, serasa tak percaya dan berbagai perasaan lain yang sulit kugambarkan. Sepasang anak manusia yang tidak pernah terbayangkan akan bersatu ternyata akhirnya bersatu juga meskipun jalan yang dilalui harus berliku.

3 komentar:

  1. My momma always said, “Life was like a box of chocolates. You never know what you’re gonna get.”

    Pernah dengar ucapan begitu? :)
    Itu ucapannya Forrest Gump di film Forrest Gump.

    Bukankah hidup memang dihiasi legit kejutan-kejutan kecil sesekali, termasuk jodoh? :D

    Betewe, salam kenal. Mampir dari blognya tika :)

    BalasHapus
  2. wew..
    dah ada alex disini.. *nyengir*

    uh, kapan ada yang begitu ke rumah sayah ya? :|
    "tante, saya pangeran dari negeri kodok sebelah, punya harta dan tahta, tapi demi tika sayah relaken semuanya.. apapun yang tika kehendaki akan sayah berikan.. relaken tika untuk saya pinang, tante.."

    *ngayal*

    eh, betewe, ini komennya dibuka buat umum dong.. :D

    BalasHapus
  3. wew!!! selamat atas pernikahan... kapan kamu nyusul??? kakakaka....

    BalasHapus